Persiapan Kampanye Rapat Umum dan Debat Publik, KPU Merangin Gelar Rakor

Selasa, 17 April 2018 | 15:04:58 WIB | Dibaca: 185 Kali


Suasana Rakor di Aula Kantor KPU Merangin, Selasa (17/4/2018).

MERANGIN, kpu-meranginkab.go.id - Dalam menghadapi kampanye rapat umum oleh pasangan calon (Paslon) dan debat publik atau debat terbuka pasangan calon bupati dan wakil bupati Merangin 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Merangin menggelar rapat koordinasi (Rakor), Selasa (17/4/2018) bertempat di Aula Kantor KPU Merangin.
Rakor dipimpin ketua KPU Merangin Iron Sahroni didampingi komisioner Janiko, Kardinata dan Zurhatmi Jaya dan dihadiri Leison Offiser (LO) pasangan calon, Ketua Panwaslu Merangin Alber Trisman dan anggota Markus. Selain itu hadir, Kabag Ops Polres Merangin, Kasat Pol PP, Dishub, Kesbangpol dan Bagian Pemerintahan Setda Merangin.
Maka dalam Rakor ini disepakati beberapa hal terkait kampanye rapat umum dan debat publik. Untuk kampanye rapat umum, pasangan calon nomor urut 1 Fauzi Ansori -Sujarmin mengajukan tanggal pelaksanaan pada 21Juni 2018 di Dapil I yang bertempat di lapangan KONI Pematang Kandis kecamatan Bangko. 
Sementara pasangan nomor 2 Al Haris - Mashuri dan Paslon nomor urut 3 Nalim - Khafid mengajukan kampanye rapat umum pada tanggal dan tempat yang sama yakni 23 Juni 2018 sehingga jadwal pasangan nomor urut 2 dan 3 belum diputuskan dan diserahkan kepada pasangan calon guna berembuk untuk disepakti ulang dalam waktu 2x24 jam kemudian diserahkan keputusannya ke KPU Merangin.
Untuk debat publik atau debat terbuka antar pasangan calon ditetapkan pada tanggal 12 Mei 2018, bertempat di Auditorium STKIP YPM Bangko di bilangan Talang Kawo. Massa pasangan calon dibatasi maksimal 50 orang, untuk durasi acara selama 120 menit terbagi 30 menit acara seremony, 30 menit iklan dan 60 menit acara debat.
Debat publik ini dibagi dalam Enam segmen. Segmen 1. Pemaparan visi dan misi, 2. Penajaman visi dan misi 3. Pertanyaan dari moderator tentang isu daerah, 4. Debat paslon bertanya dan menjawab. 5. Tanya jawab dan tanggapan masing-masing paslon dan 6. Closing statemen
Acara debat akan dipandu oleh modetaror dari presenter salah satu televisi swasta nasional dan acara debat akan disiarkan secara langsung oleh Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Jambi. Selain disiarkan secara langsung acara debat akan direkam secara offline untuk ditayangkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kecamatan masing-masing.
"Selain siaran langsung di TVRI Jambi acara debat juga akan kita buat videonya dalam bentuk CD (Campact Disk) dan akan diadakan nonton bareng debat tersebut di masing-masing kecamatan oleh PPK," kata Janiko salah satu komisioner yang memandu jalannya Rakor tersebut, (admin).

Komentar Facebook